Senin, 01 Februari 2016

perawatan luka

Cara Merawat Luka yang Tepat dan Benar

Cara Merawat Luka
Cara Merawat Luka memang harus Tepat dan Benar, agar dampaknya tidak lebih parah atau bahkan menyebabkan infeksi yang tentu membahayakan. Adapun Luka adalah terganggunya integritas normal pada kulit dan jaringan di bawahnya yang terjadi karena suatu sebab yang disengaja atau disengaja, tertutup atau terbuka, bersih atau terkontaminasi

Adapun mekanisme terjadinya luka yang sering terjadi karena:
  1. Luka insisi, terjadi karena teriris oleh instrument tajam (pembedahan atau terkena benda tajam lainnya karena disengaja atau tidak disengaja).
  2. Luka memar, terjadi karena benturan atau tekanan dan dikarakteristikkan oleh cedera pada jaringan lunak, perdarahan dan bengkak pada jaringan kulit dan jaringan dibawahnya.
  3. Luka lecet, terjadi karena kulit bergesek dengan benda lain yang biasanya kasat dan benda yang tidak tajam.
  4. Luka tusuk, terjadi karena adanya benda lancip (peluru, pisau, dan lain-lain) yang masuk kedalam kulit dan biasanya dengan diameter yang kecil.
  5. Luka gores, terjadi karena benda yang tajam seperti kaca atau ujung kawat.
  6. 6. Luka tembus, adalah luka yang menembus organ tubuh, biasanya pada bagian awal luka yang masuk berdiameter kecil tetapi bagian ujung yang lain akan lebih lebar.
Cara Perawatan Luka

Adapun langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk merawat luka secara tepat dan benar adalah sebagai berikut:
  1. Cuci tangan sebelum mulai merawat luka,
  2. Siapkan Kotak P3K yang ada di rumah anda,
  3. Membaca basmallah sebelum melakukan tindakan merawat luka,
  4. Pasang perlak atau kain untuk alas,
  5. Buka set peralatan steril (pinset anatomi, cirurgis, gunting dan kom),
  6. Dekatkan bengkok atau tempat sampah,
  7. Gunakan sarung tangan yang steril,
  8. Dengan menggunakan pinset bersih, basahi plester dengan kapas alkohol, buka balutan kotor dan buang balutan kedalam bengkok atau tempat sampah,
  9. Perhatikan keadaan luka: merah, bengkak, pus atau nanah, bau, bersih atau tidak. 9. 9. Bersihkan luka dengan menggunakan cairan NaCl 0,9% dari bagian yang bersih ke bagian yang kotor dengan menggunakan pinset steril, kemudian beri sufratul k/p
  10. Yang terakhir tutup luka dengan kassa steril agar tidak terkena kotoran,
Setelah melakukan perawatan luka dengan tepat dan benar seperti diatas, diharapkan luka akan mengering atau sembuh dalam beberapa hari. Namun apabila luka anda tidak juga mengering, menimbulkan nanah berlebih, disekitar luka membiru dan berbau busuk maka segera lakukan pemeriksaan ke pelayanan medis untuk mendapat pengobatan lebih lanjut untuk mencegah infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar